Home » » Doa Saat Mengusap Wajah Setelah Salam

Doa Saat Mengusap Wajah Setelah Salam


Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengutip hadits yang menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam selalu mengusap wajah dengan tangan, sekaligus doa yang beliau baca setelah salam.


وَرَوَيْنَا فِيْ كِتَابِ ابْنِ السُّنِّى عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَضَى صَلاَتَهُ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ، اَللَّهُمَّ اذْهِبْ عَنِّي الْهَمَّ وَالْحَزَنَ - الأذكر، ٦٩

"Kami meriwayatkan (hadits) dalam kitabnya Ibn al-Sunni, dari sahabat Anas ra bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam apabila selesai melaksanakan shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya. Lalu berdoa : [Asyhadu allaa ilaaha illaa huwar rahmaanur rahiim, Allaahummadzhib 'annil hamma wal hazan] "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, hilangkanlah dariku kebingunan dan kesusahan." (Al-Adzkar, 69)


Informasi dari kitab Al-Adzkar ini sekaligus menunjukkan bahwa mengusap wajah setelah salam memang dianjurkan dalam agama, karena Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam pun melakukannya.


Wallahu a'lam
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email Anda di tempat yang disediakan untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Pribadi Abiza el Rinaldi

3 komentar :

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Pribadi Abiza el Rinaldi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger