Home » » Tiga Tingkatan Ikhlas dalam Kitab Al-Hikam

Tiga Tingkatan Ikhlas dalam Kitab Al-Hikam


Syaikh Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitabnya Al-Hikam, membagi ikhlas kepada tiga tingkatan, yiatu:

Ikhlas Abidin

Abidin artinya ahli ibadah, jadi yang dimaksud Ikhlas Abidin artinya Ikhlasnya Ahli Ibadah. Ikhlas Abidin yaitu beramal karena Allah dan mengharap pahala yang dijanjikan dan menghindari siksaan Allah. Ikhlas Abidin ini menisbahkan amal perbuatan kepada dirinya dan meyakini bahwa ibadah itulah yang menghasilkan manfaat berupa pahala dan surga. Ikhlas semacam ini terlepas dari riya' baik yang nyata maupun tersembunyi.

Ikhlas Muhibbin

Muhibbin artinya pecinta, ikhlasnya orang cinta yaitu beramal murni karena Allah, semata-mata karena kecintaannya kepada Allah dan karena kebesaran Allah, bukan karena pahala atau menghindari dosa. Karena itulah Rabiatul Adawiyah berkata “Tidaklah akau menyembah engkau karena takut neraka dan tidak pula karena ingin surga, maka aku nisbhakan ibadah itu kepadaku.”

Ikhlas Arifin

Arifin artinya kenal atau akrab. Ikhlasnya orang yang akrab dengan Allah yaitu memandang hatinya kepada Allah yang menggerakkan dan yang mendiamkannya. Ikhlas semacam ini tidak lagi memandang bahwa amal, usaha, atau ibdahnya itu adalah perbuatannya, tapi itu semua adalah kehendak dan daya upaya Allah semata, sesuai dengan maksud perkataan La haula wala quwata illa billah.

Wallau a'lam
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email Anda di tempat yang disediakan untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Pribadi Abiza el Rinaldi

0 komentar :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blog Pribadi Abiza el Rinaldi - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger